Skip to main content

Kehadiran guru les privat memang kadang kala sangat dibutuhkan dengan tujuan agar bisa menunjang kebutuhan pendidikan anak dan juga prestasi mereka, terlebih saat sedang menghadapi ujian sekolah. Bahkan, guru latis bimbel juga bisa membantu anak-anak untuk dapat meningkatkan nilai akademis dan membantu sebagian besar orang tua yang tidak mempunyai waktu untuk dapat menemani anak-anaknya belajar.

Oleh karena itu, ketika akan memberikan dukungan untuk kelancaran pendidikan anak, maka sebaiknya orang tua tidak sembarangan dalam mencari guru les privat untuk anak. Sebab, guru yang berkualitas dan juga baik pasti akan mampu menumbuhkan semangat belajar anak. Sehingga anak-anak akan lebih rajin belajar. Oleh sebab itu, untuk mencari guru les privat yang baik, setidaknya ada 5 tips yang bisa Anda lakukan.

Tips Mencari Guru Les Privat Terbaik

Berikut ini adalah beberapa cara mencari guru les yang terbaik untuk anak, antara lain:

1. Pahami Tujuan dan Kebutuhan Pendidikan Anak

Ketika orang tua akan mencari guru les privat, selain harus mengetahui berapa biaya les privat ke rumah, orang tua juga harus memahami apa kebutuhan pendidikan anak dan apa saja tujuan yang ingin Anda capai nantinya? Apakah ingin mengikuti les privat untuk sd atau les privat baca. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mencari guru les yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik, para orang tua harus menanyakan terlebih dulu kepada anak tentang mata pelajaran yang mereka butuhkan. Tidak hanya berguna untuk mempersiapkan ujian, les privat ini juga dapat memperbaiki ketertinggalan anak di kelas. Itulah mengapa sangat penting bagi orang tua untuk memastikan tujuan apa yang ingin dicapai nantinya sebelum mencari guru les.

Akan tetapi, secara umum, sebenarnya terdapat beberapa faktor yang membuat anak sangat membutuhkan guru les privat, antara lain:

a. Anak kerap mengalami kesulitan ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru yang ada di sekolah.

b. Anak sering mengalami kesulitan untuk dapat mengikuti perkembangan pelajaran saat di sekolah.

c. Anak sudah sangat giat belajar namun tetap mendapatkan nilai akademis yang kurang.

d. Anak mulai tidak mau masuk sekolah dan menjadi sering gelisah ketika masa ujian datang.

e. Mempunyai gangguan ketika belajar, sehingga memerlukan strategi untuk belajar secara khusus.

Apabila anak Anda secara umum mengalami masalah di atas, maka lebih baik Anda mulai melakukan kualifikasi guru bimbel yang baik untuk anak Anda.

2. Rekomendasi Dari Orang Terdekat

Sebelum Anda mencari guru les privat, alangkah lebih baik untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait jasa les privat dekat sini. Setelah itu, pilihlah jasa les privat yang memiliki tarif guru les yang sesuai dengan budget Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa keberatan jika harus sering menggunakan guru les.

Setelah itu, Anda perlu mencari tahu testimoni dan review terkait jasa les privat yang akan Anda gunakan. Dengan begitu, Anda akan bisa memperoleh guru terbaik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi dari orang-orang yang sebelumnya sudah pernah menggunakan guru les.

Saran yang diberikan dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk Anda. Dengan adanya rasa percaya diri tersebut, pastinya Anda akan lebih mudah untuk memperoleh guru yang tepat dan anak pun  akan merasa lebih nyaman ketika belajar.

3. Lakukan Pengecekan Kualifikasi Akademik Guru Les Privat

Mencari guru les berdasarkan pada rekomendasi dari orang lain saja tidak cukup. Tahap berikutnya yang dapat Anda lakukan ketika mencari guru les untuk anak adalah dengan cara melakukan pengecekan kualifikasi calon guru les yang akan Anda pilih. Anda perlu melihat kualitas guru les dari kualifikasi akademik mereka dan melihat latar belakang yang mereka miliki, apakah relevan dengan kebutuhan pendidikan anak Anda atau tidak.

Akan menjadi nilai tambah tersendiri apabila Anda bisa memperoleh guru les yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan dan setidaknya mereka mampu memahami perilaku anak Anda. Sebab, jika Anda menggunakan guru les yang kurang bisa mengajarkan pelajaran yang dibutuhkan oleh anak, maka dikhawatirkan mereka tidak akan fokus dan menjadi kurang mudah dipahami anak.

Oleh karena itu, umumnya dalam mencari guru profesional akan dilakukan seleksi yang sesuai dengan standar bimbel. Dimana guru tersebut harus mempunyai kemampuan mengajar yang sudah tidak diragukan lagi.

4. Pertimbangkan Pengalaman

Mencari guru les privat untuk anak memang bukan hal yang mudah, terlebih jika Anda menyerahkannya untuk memberikan materi pelajaran tertentu. Itulah kenapa sangat penting untuk Anda mencari guru les yang sudah berpengalaman. Pilihlah guru bimbel yang sebelumnya sudah mempunyai pengalaman mengajarkan materi pelajaran tertentu sesuai dengan kebutuhan anak.

Pengalaman tersebut dapat Anda lihat dengan cara mengecek jam terbang mereka sebagai guru bimbel. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu apakah guru tersebut adalah orang yang mempunyai pengalaman sesuai dengan tingkat kelas anak Anda. Misalnya saja Anda ingin mencari guru les privat Fisika SMA, maka Anda harus memilih guru yang memang lulusan dari jurusan Fisika.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa guru les tersebut memahami teori dalam pendidikan, strategi dalam mengajarkan kepada anak, dan juga pendekatannya kepada anak-anak. Akan tetapi, perlu Anda pahami bahwa biaya yang dibutuhkan akan lebih mahal jika Anda mencari guru les privat masuk UI. Apabila guru tersebut mempunyai pengalaman yang baik, maka biaya lesnya juga akan semakin tinggi.

5. Berikan Waktu Percobaan

Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang menjadi tujuan Anda. Pastinya anak harus merasa nyaman ketika berinteraksi dengan guru lesnya. Alangkah lebih baik ketika Anda akan menggunakan jasa guru les privat untuk anak, berikan guru tersebut waktu percobaan untuk memberikan bimbingan belajar minimal selama satu bulan.

Dari percobaan tersebut, Anda dapat melihat seperti apa perkembangan anak selama belajar dengan guru les tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan pendapat anak sebagai salah satu bahan pertimbangan. Apabila anak tidak mengalami peningkatan belajar, maka lebih baik Anda ganti guru les tersebut. Namun jika anak merasa nyaman dan mengalami peningkatan belajar, maka Anda bisa perpanjang kontrak dengan guru les yang sama.

Demikian penjelasan mengenai cara atau tips yang bisa Anda terapkan saat ingin  mencari guru les privat terbaik untuk anak. Selain harus menguasai materi pelajaran, guru les juga harus sabar, ceria,

menyenangkan, dan bisa memotivasi anak untuk giat belajar. Jadi, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan sikap dan kepribadiannya ya.

Leave a Reply