Skip to main content

Apabila kamu ingin memberikan pendidikan lebih bagi anak, pilihlah les privat dekat sini. Lokasi les privat yang jauh dari tempat tinggal akan menyulitkan anak ketika berangkat. Anak harus menempuh jarak yang lumayan untuk tiba di tempat privat sementara fisiknya masih lelah sepulang sekolah. 

Apa itu Les Privat?

Mungkin selama ini kamu sering menyamakan antara bimbel, kursus dan les privat. Padahal ketiganya memiliki perbedaan yang tentu saja tidak sama. Kamu akan diperkenalkan dengan les privat secara lebih rinci agar mudah dipahami. 

Les privat memiliki mekanisme belajar yang lebih intens karena para siswa dituntut memahami materi secara mendalam. Satu siswa akan dibimbing dan diajarkan hanya oleh satu orang guru atau tentor. Hal itulah yang menjadi kelebihan utama les privat dibandingkan kursus dan bimbel. 

Jika kamu tertarik maka bisa memberikan les privat untuk SD sebagai permulaan. Anak yang diberikan materi lebih mendalam ketika SD akan lebih mudah memahami pelajaran di jenjang selanjutnya. Apalagi pelajaran yang diajarkan lebih fokus pada pelajaran eksak seperti matematika, fisika dan kimia. 

Pelajaran eksak cenderung sulit dipahami secara mandiri, terutama bagi anak yang tidak memiliki ilmu dasarnya. Oleh karena itu kamu dapat memberikan pendidikan les privat kepada anak untuk memudahkan mereka dalam memahami materi sulit di sekolah. 

Program privat sangat menguntungkan para siswa karena tentor akan fokus pada satu orang siswa saja. Dengan begitu para siswa dapat menanyakan pertanyaan apapun mengenai materi yang kurang dipahami. Perlu diketahui pula bahwa tarif untuk privat tidak sama dengan bimbel dan kursus yang memiliki tarif standar. 

Tarif atau biaya bimbel privat SD malah semakin tinggi karena butuh tenaga ekstra untuk mengajarkan siswa yang baru masuk sekolah. Mulai dari belajar membaca sampai cara dasar menghitung. Alhasil tarifnya juga lebih tinggi dibandingkan les privat SMP dan SMA. 

Kamu juga harus tahu bahwa materi yang diajarkan di tempat privat hanya terdiri satu skill. Misalnya anak ingin pintar matematika, maka berikan dia privat les matematika. Ada pula orang tua yang membiarkan anak untuk ikut lebih dari satu les privat.

Manfaat Ikut Les Privat

Setiap orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik demi masa depan mereka. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memberikan les privat. Inilah beberapa manfaat dari les privat. 

1. Belajar Privat

Namanya les privat tentu saja proses belajarnya berlangsung secara privat. Anak akan diberikan perhatikan lebih intens oleh tentor yang bertugas mengajarkannya. Berbeda dengan proses belajar di sekolah yang satu kelasnya berisi 30 siswa dengan satu guru saja setiap mata pelajaran. 

Kamu dapat memanggil tentor privat untuk datang ke rumah sehingga anak akan lebih fokus pada materi yang diberikan. Tentor juga akan fokus pada satu anak yang diajarkan agar lebih maksimal. Tujuan dan keinginan juga mudah terwujud karena pelayanan dari tentor yang handal. Tentor akan mengatasi kesulitan utama dalam waktu cepat dibandingkan guru di sekolah. 

Menarik, bukan? Jika berminat, kamu bisa mencari les privat dekat sini sehingga tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu anak juga akan lebih hemat tenaga setelah lelah pulang dari sekolah dan langsung menuju tempat les. 

2. Lingkungan Belajar

Apa yang terjadi dengan lingkungan belajar di tempat les privat? Tentu saja lebih baik dan nyaman bagi anak. Kamu pasti tahu bahwa belajar adalah kegiatan paling membosankan jika tidak didukung dengan kondisi lingkungan belajar yang nyaman. 

Ilmu yang diberikan oleh tentor akan lebih mudah diserap dan dipahami jika lingkungan belajarnya cukup nyaman. Hal itu akan membuat mereka semangat menyelami materi yang diberikan. Lingkungan belajar yang nyaman tidak hanya diperuntukkan bagi siswa SD, tapi guru les privat SMA juga harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik. 

3. Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan aspek penting bagi setiap individu karena mampu membangkitkan motivasi diri dalam mencapai sebuah tujuan. Namun rasa percaya diri ini tidak diperoleh setiap individu. Hal itu diakibatkan oleh kurangnya pengalaman positif yang didapatkan dari lingkungan sekolah. 

Jadi les privat berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi siswanya agar vibes positifnya dapat dirasakan sehingga proses belajar pun menyenangkan. Misalnya kasus anak yang kurang paham dengan materi fisika SMA. Ketika di sekolah, anak ini dikucilkan sehingga rasa percaya dirinya menjadi ciut. 

Berbeda kondisinya apabila anak mengikuti les privat fisika SMA. Tentor akan memberikan semangat sehingga rasa percaya diri anak kembali meningkat. Hal itu juga akan membangkitkan motivasinya untuk belajar lebih serius. 

4. Teknik Belajar

Penguasaan teknik belajar yang baik dari seorang tentor akan membawa manfaat besar bagi seorang siswa. Tentor harus memiliki rasa antusias serta pengalaman yang memadai dalam memikat siswa privatnya. Hal ini dapat menanamkan kebijaksanaan serta keterampilan yang nantinya berpengaruh pada hasil belajar. 

Guru privat Ruang Guru misalnya, mereka harus mampu menunjukkan kepada siswa tentang cara berlatih manajemen waktu yang baik. Selain itu cara menjawab pertanyaan yang baik juga harus dikuasai. Tutor yang mampu menyelesaikan permasalah yang dihadapi siswa tentu akan meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah. 

5. Guru yang Tepat

Tidak hanya siswa sekolah saja yang membutuhkan waktu belajar tambahan seperti privat. Siswa SMA yang mau menghadapi ujian akhir juga banyak memutuskan untuk ikut les privat UI agar lolos ketika ujian masuk perguruan tinggi. 

Guru privat juga dapat disebut tentor. Mereka dilatih untuk mampu membujuk, mengajar dan mendidik dengan cara yang tepat sehingga siswa merasa lebih leluasa serta nyaman. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda sehingga benar-benar butuh sosok tepat dalam menyalurkan ilmu. 

Tips Pilih Les Privat

Pastikan kamu memilih tempat les yang sesuai dengan tujuan. Misalnya kamu ingin anak untuk belajar matematik lebih serius atau pelajaran lainnya. Setelah itu cari tempat terima les privat yang sesuai dengan tujuan. Jangan lupa untuk meminta rekomendasi orang terpercaya dalam memilih tempat les privat. Kamu bisa mencari beberapa sumber dengan opsi dan perbandingan yang tepat. 

Setelah mendapatkan opsi untuk bahan pertimbangan, pastikan tarifnya sesuai budget. Apabila anak sekolah full day, maka ada baiknya mengatur waktu luang untuk les privat. Hindari memaksakan anak dengan berbagai alasan untuk les privat terutama siswa SD dengan jadwal sekolah padat. Tetap berikan anak kerenggangan waktu agar bisa istirahat sejenak dari tekanan belajar. Mungkin kamu bisa memilih akhir pekan sebagai jadwal les privat. 

Sekian penjelasan singkay mengenai les privat dekat sini. Apabila kamu sedang cari les privat, sebaiknya pertimbangkan tips dan manfaat yang telah diuraikan sebelumnya. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply