Skip to main content

Berbagai upaya dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak salah satunya memberikan les privat. Les privat ini biasanya ditujukan sebagai alternatif untuk memperbaiki atau meningkatkan pemahaman anak tentang materi akademisnya. Saat ini ada banyak sekali jasa privat yang menawarkan kelebihannya masing-masing. Tetapi, cari les privat yang berkualitas dan terbaik untuk anak anda tidak boleh digampangkan. Ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih jasa les privat. Simak tips memilih les privat yang tepat untuk anda berikut ini. 

Tips Memilih Jasa Les Privat Berkualitas

1. Tentukan Tujuan Mengikuti Les Privat

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum memilih jasa les adalah tentukan dulu apa tujuan dari les itu. Apakah untuk meningkatkan pemahaman di salah satu materi karena belum dikuasai anak atau ingin mengasah lebih dalam lagi tentang salah satu materi atau tujuan lainnya. Dengan begitu anda jadi punya gambaran guru les privat seperti apa yang ingin dicari, dan materi apa yang perlu dikuasai guru les untuk mengajar anak anda.

2. Minta Rekomendasi

Anda bisa dengan mudah cari les privat secara online atau langsung bertanya ke lembaga bimbel. Tetapi sebelum itu, lebih baik anda minta rekomendasi dulu ke orang terdekat yang berpengalaman menggunakan jasa les sebelumnya. Anda bisa minta beberapa rekomendasi untuk dibandingkan mana yang terbaik dan paling tepat untuk anak anda.

3. Sesuaikan Budget

Tidak semua jasa les privat mahal adalah yang terbaik. Ada banyak kok penyedia jasa les yang menawarkan harga terjangkau tetapi kualitas tetap terjamin. Anda bisa memilih jasa les privat sesuai dengan budget yang anda tetapkan. Umumnya tarif jasa les disesuaikan dengan jumlah mata pelajaran yang diajarkan. Jadi anda bisa menentukan berapa materi yang perlu dipelajari lagi untuk mengestimasikan biaya yang harus dikeluarkan.

4. Pilih Jasa Les Private yang Waktunya Fleksibel

Tips memilih jasa les privat berikutnya adalah pilih jasa yang punya fleksibilitas waktu sehingga dapat disesuaikan dengan waktu luang dan keinginan anak. Anak-anak pasti kadang akan merasa malas dan bosan, tidak mood untuk belajar. Nah, saat inilah fleksibilitas waktu guru les sangat dibutuhkan. Anda juga bisa pertimbangkan memilih les privat dekat sini atau dekat lokasi anda sehingga lebih mudah memantau jika terjadi hal-hal diluar kendali.

5. Perhatikan Reputasi Lembaga

Untuk melihat reputasi lembaga bimbel berkualitas atau tidak, anda bisa melihat dari daftar alumninya, banyaknya siswa yang pernah belajar disitu, dan bagaimana testimoni mereka baik dari siswa maupun orang tua yang pernah menggunakan jasa les privat dari lembaga tersebut.

6. Cek Kualifikasi Calon Guru Les Privat 

Mengetahui kualifikasi calon guru les privat juga sangat penting. Cari tahu latar belakang pendidikannya apakah memadai dan relevan, pertimbangkan kepribadiannya, cara mengajar dan pengalamannya. Cari les privat yang gaya mengajar gurunya sesuai dengan gaya belajar anak anda sehingga bisa menghadapi perilaku anak ketika bosan dan lainnya

One Comment

Leave a Reply