Skip to main content

Ada banyak sekali jasa guru privat yang ditawarkan untuk berbagai jenjang di Indonesia. Jika, kamu sedang mencari jasa untuk les privat ini. Kamu sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih sekarang. Karena, dengan adanya banyak penawaran jasa guru les ini.

Maka, semakin besar juga kemungkinan adanya guru privat yang abal-abal dan tidak profesional. Kamu tentu saja, tidak ingin belajar dengan seorang guru yang tidak kompeten dan tidak profesional di bidangnya. Karena itu, kamu harus seksama dalam memilih.

Memilih jasa les guru privat lebih krusial dibandingkan memilih jasa les atau bimbingan belajar di kelas biasanya. Karena sesi belajar hanya akan dilakukan oleh satu murid dan satu guru saya. Karena itu, ada baiknya lebih berhati-hati dalam memilih.

Tips Menghindari Jasa Guru Privat Abal-Abal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena ada banyak sekali penyedia jasa guru privat semua pelajaran atau setiap jenjang sekolah. Semakin sulit juga untuk menemukan guru privat yang benar-benar profesional dalam mengajar.

Namun, dengan pemilihan yang cermat kamu pasti bisa menghindari penyedia jasa yang abal-abal dan menemukan guru privat semua mata pelajaran atau jenjang sekolah yang benar profesional dan bisa mengajar dengan baik.

Karena itu, berikut akan dibahas beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih guru les. Dengan menerapkan tips ini, kamu bisa menghindari jasa guru les yang kurang profesional dan tidak kompeten.

1. Cari Guru Privat dari Lembaga Bimbingan Belajar yang Terpercaya

Lembaga bimbingan belajar biasanya tidak hanya menyediakan jasa les di kelas saja. Namun juga ada jasa les privat dengan menyediakan guru-guru yang datang ke rumah murid. Jangan ragu, untuk menanyakan ketersediaan jasa ini pada Lembaga bimbingan belajar yang dipercayai.

Dengan menggunakan guru dari Lembaga bimbingan belajar yang terpercaya. Maka, kemampuan dan profesionalitas dari guru lebih terjamin. Karena Lembaga bimbingan belajar pasti memiliki proses seleksi dan standarnya sendiri dalam memilih guru untuk mengajar di lembaganya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal kualitas guru yang kamu pilih. Karena pasti sudah disaring dan diseleksi oleh Lembaga bimbingan belajar. Apalagi, jika bimbel khusus SBMPTN yang kamu pilih. Seleksi dan rekrutmen gurunya sendiri pasti lebih terstandar.

2. Cari Tahu Dulu Latar Belakang Guru Privat

Walaupun guru privat untuk SD dan jenjang lainnya ini berasal dari Lembaga bimbingan pendidikan yang terpercaya. Tidak ada salahnya, untuk kamu mencari tahu mengenai latar belakang guru les privat yang dipilih.

Kamu bisa meminta data diri dan data mengenai latar belakang guru yang dipilih pada Lembaga bimbingan belajar tempat guru privat ini bernaung. Selain itu juga, kamu bisa melakukan penelusuran sendiri pada website Lembaga, website pribadi, maupun sosial media guru yang dipilih.

Dengan mengetahui latar belakang dari guru privat bisa membantu kamu untuk menilai guru tersebut. Sekaligus sebagai bahan penentuan, apakah kamu memang ingin menggunakan jasa guru privat tersebut atau tidak.

3. Pastikan Pengalaman Mengajar dari Guru Privat

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih guru privat adalah pengalaman mengajar dari guru yang dipilih. Biasanya pengalaman mengajar ini akan dicantumkan pada data diri atau informasi mengenai guru.

Selain itu, kamu juga bisa meminta informasi ini secara langsung pada pihak Lembaga bimbingan belajar. Pengalaman mengajar adalah aspek yang penting diperhatikan dalam memilih guru.

Privat guru yang memiliki lebih banyak pengalaman mengajar berarti lebih bisa mengatasi murid dan sudah mengatasi banyak situasi belajar. Selain itu, pastikan pengalaman mengajarnya relevan dengan kebutuhan belajar kamu.

Misalnya, kamu sedang mencari guru privat matematika SMA. Pastikan pengalamannya relevan dengan subjek matematika di tingkat SMA. Selain mencari informasi dari sumber luar, kamu juga bisa menanyakan langsung mengenai pengalaman guru pada guru privat sendiri secara langsung.

4. Perhatikan Tawaran Harga yang Diberikan

Tips selanjutnya untuk menghindari jasa guru yang abal-abal untuk les privat adalah memperhatikan tawaran harga yang diberikan. Apakah harga yang ditawarkan terlalu murah ataukah terlalu mahal. Sesuai dengan standar dan layanan yang akan diberikan.

Sebenarnya tidak ada masalahnya dengan harga jasa les yang terbilang mahal. Asalkan layanan dan kualitas belajar yang diberikan sesuai dengan biaya yang diberikan. Justru, akan aneh jika harga yang diberikan terlalu murah.

Harga yang terlalu murah bisa menandakan jika guru privat masih pemula dan belum banyak pengalaman. Jadi, tidak masalah untuk dibayar dengan harga standar. Namun, tidak semua seperti itu, jadi lebih baik kamu melakukan pengecekan ulang agar lebih pasti.

5. Cari Testimoni Mengenai Cara Pengajarannya

Jika memungkinkan, lebih baik kamu mencari informasi mengenai sesi belajar guru privat tersebut sebelumnya. Kamu bisa mencari informasi mengenai testimoni dari murid yang pernah diajar oleh guru privat untuk SD dan berbagai jenjang yang kamu pilih tersebut.

Biasanya informasi dan testimoni ini cukup mudah didapatkan. Kamu bisa mencarinya di website resmi di Lembaga bimbingan belajar atau media sosial dari guru privat tersebut. Jika salah satu kenalanmu pernah menggunakan jasa pengajaran dari guru privat pilihanmu.

Kamu bisa menanyakan lebih dahulu bagaimana pengalaman diajar dengan guru les tersebut. Kemudian, bagaimana kesannya. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai proses belajar mengajar yang akan berlangsung.

Dengan begitu, kamu bisa lebih memutuskan untuk menggunakan jasanya atau tidak. Karena ada kemungkinan cara pengajaran yang kurang cocok atau kurang sesuai dengan gaya belajar.

6. Minta Trial Les Pada Pertemuan Pertama

Jika masih ragu untuk menggunakan jasa guru privat semua pelajaran. Tidak ada salahnya untuk meminta tes trial pada pertemuan pertama. Les trial ini biasanya diberikan secara gratis tanpa biaya tambahan. Namun, ada juga Lembaga bimbingan belajar yang menerapkan tarif untuk les trial ini.

Dengan melakukan les trial kamu bisa menilai apakah gaya mengajar dari guru tersebut sesuai dengan gaya belajar kamu. Jika memang cocok  kamu bisa melanjutkan les pada pertemuan selanjutnya.

Jika memang tidak cocok atau kurang pas, maka pertemuan les tidak perlu dilanjutkan dan kamu bisa mencari guru les masuk SBMPTN atau ujian lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kriteria kamu.

7. CarI Guru Privat dengan Jadwal yang Fleksibel

Lebih disarankan kamu untuk mencari guru privat yang bisa mengatur jadwal dengan baik. Jadi, waktu bimbingan belajar jadi lebih fleksibel dan mudah untuk disesuaikan. Bahas terlebih dahulu mengenai jadwal les dengan Lembaga, guru les, dan jadwal murid secara keseluruhan.

Dengan begitu, bisa ditemukan jadwal yang sesuai dengan jadwal semua pihak. Pertimbangkan juga kemungkinan perubahan jadwal.

Itulah beberapa tips untuk menghindari jasa guru privat abal-abal yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai kamu menggunakan jasa guru yang tidak profesional untuk pembelajaran intensif kamu dalam les privat.

Leave a Reply